kata bijak bahasa jawa kromo inggil

Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Dan Artinya Lengkap!!

Posted on

Sehuruf.com – Kata Kata Bijak Bahasa Jawa sering di cari dan di gunakan sebagai pegangan bagi diri kita dalam berpikir maupun bertindak. di dalam bahasa jawa anda akan menemukan Petuah – Petuah dan nasehat kehidupan yang lebih baik serta dapat dijadikan refrensi.

Dengan mengimplementasikan petuah-petuah kata bijak bahasa jawa dengan baik dan benar maka dapat di pastikan kehidupan kita di masa depan juga akan lebih baik. peribahasa jawa sangat kaya dengan makna, bahkan satu kata bahasa jawa bisa memiliki banyak maksud dan arti yang berbeda-beda.

Bahasa jawa tidak seperi bahasa pada umumnya yang tidak mengenal tingkatan, dalam bahasa jawa memiliki beberapa tingkatan di antaranya adalah bahasa jawa ngoko, jawa krama, jawa krama alus dan bahasa Jawa kuno yang masih dapat kita temukan dan baca pada karya sastra tempo dulu.

Daftar Isi :

Menariknya, bahasa jawa memiliki banyak kata mutiara yang dapat di aplikasikan dalam berbagai masalah kehidupan yang sedang kita alami, misalnya kamu memiliki masalah tentang percintaan yang rumit, anda bisa mencari kata bijak bahasa jawa tentang cinta dan lainnya.

Selain kata bijak tentang cinta, beberapa kata bijak Jawa juga mengajarkan tentang ilmu, akhlak agar nantinya ilmu tersebut bisa berguna tidak hanya bagi diri sendiri, namun berguna bagi orang lain, bangsa dan juga negara. selain itu kata mutiara bahasa jawa juga mempunyai pribahasa yang lucu bahkan di luar nalar pemikiran kita misalnya “koyo kethek ketulup, Aja nguthik uthik macan turu, Urip Iku Urip” dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Biografi Ir Soekarno Lengkap

Kata-kata di atas termasuk dalam golongan kata bijak bahasa jawa kasar dan terbukti kata tersebut malah mudah di hafal dan di mengrti dibanding dengan kata bijak bahasa Jawa halus, maka tidak heran jika kata kata tersebut sering di gunakan sebagai Caption untuk status Whatsapp, Facebook,  Instagram dan sosial media lainnya.

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Dan Artinya

Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Dan Artinya

Kata bijak bahasa jawa kromo inggil sebenernya ada banyak dan biasanya kata mutiara dalam bahasa jawa tersebut adalah wejangan turun-temurun yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya tentang bagaimana cara menjalani hidup dengan baik dan benar, bagaimana hidup dengan sederhana dan teratur, bagaimana bertata krama dengan baik kepada orang yang lebih tua dan masih ada banyak lainnya.

Kata mutiara bahasa jawa juga bisa di jadikan inspirasi dalam menjalani hidup agar lebih baik dan bijak. namun kata kata bijak tersebut tidak hanya untuk kalangan orang jawa saja melainkan bersifat universal yang mana dapat di gunakan oleh semua orang.

Oke, apabila anda membutuhkan sebuah kata bijak bahasa jawa tentang cinta, tentang ilmu, kesabaran, kehidupan dan lainnya, maka mari simak dan lihat Kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa beserta artinya yang telah kami rangkum di bawah ini.

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

Cinta adalah sebuah emosi dari rasa kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat beberapa faktor. Dalam konteks filosofi, cinta adalah sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang yang kuat.

Jika kamu sedang membutuhkan sebuah kata bijak bahasa jawa tentang cinta, maka beberapa kumpulan yang ada di bawah ini dapat kamu baca dan resapi makna dari setiap kata-katanya.

Jawa : “Nek cinta ora iso mbalekne koe meng aku orep neng Ndunio iki, Pesti lah cinta akan nyatuk ke dewe neng kehidupan mengarepe engko”

Artinya : “Jika cinta tidak dapat menyatukan cinta kita di kehidupan ini, Past lah cinta akan menyatukan kita di kehidupan selanjutnya”

Jawa : “Ononengpelukanmu iku mblajari aku opo iku artine roso nyaman sing sempurna”

Artinya : “ Berada di pelukanmu mengajarkan ku apa artinya kenyamanan yang sempurna”

Jawa : “Tresna kanggo manungsa mung Amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta’aken manungsa!”

Artinya : “Cinta Kepada Seorang Manusia Hanya Dikarenan Kecintaan Kepada Allah TuhanSemesta Alam yang Telah Menciptakan Manusia”

Jawa : “Gusti Yen Arek iku Jodohku Tulung Dicidakaken, Yen Mboten Joduhku Tulung Dijodohaken”

Artinya : “Tuhan Jika Anak Itu Adalah Jodohku Tolong Didekatkan, dan Jika Bukan Tolong dijodohkan”

Jawa : “Iso Nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding”

Artinya : “Bisa nembang tidak bisa bermain seluling, bisa melihat tidak bisa mendamping”

Jawa : “Aku Gak Enek Sampean Bagai Sego Kucing Ilang Karete *AMBYAARR”

Artinya : “Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karetnya *Berantakan”

Jawa : “Arek Lanang Kuoso Milih, Arek Wedok Kuoso Nolak”

Artinya : “Anak laki laki bebas memilih, Anak perempuan Bebas Menolak”

Jawa : “Uwong Duwe Pacar Iku Kudu Sabar Ambek Pasangane. Opo Maneh Seng Gak Duwe”.

Artinya : “Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang gak punya”.

Jawa : “Akeh Manungsa Ngerasaaken Tresna, Tapi Lali Lan Ora Kenal Opo Iku Hakikate Tresna”

Artinya : “Banyak manusia Merasakan CInta, Namun Mereka lupa dan tidak mengenal Hakikat Cinta Sebernarnya”

Jawa : “Aku tresno kowe saklawase”

Artinya : “aku cinta kamu selamanya”

Jawa : “Saben dino saya tansah ngalamun, mikir sliramu seng ayu dewe”

Artinya : “setiap hari aku selalu melongo memikirkan kamu yang paling manis sendiri”

Jawa : “Rino wengi kulo tansah kelingan marang sliramu”

Artinya : “Setiap Malam Aku Selalu Terbayang Dirimu”

Jawa : “Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu”

Artinya : “Tidak bertemu sebentar saja, saya selalu ingin bertemu kamu”

Jawa : “Aku tresno kowe saklawase”

Artinya : “Aku mencintaimu selamanya”

Jawa : “Sokok’e mung sliramu seng tak tresnani nek ati”

Artinya : “Pokoknya hanya kamu seorang yang aku cinta di dalam hati”

Jawa : “Senadyan aku sengit banget karo kowe, tapi roso ning ati ora iso di apusi. Roso tresno iki mung kanggo sliramu”

Artinya : “Walaupun sebenarnya aku sangat membencimu. Akantetapi perasaan di hati ini tidak bisa di bohingi. Rasa saying yang ada di dalamnya hanyalah untukmu.”

Jawa : “Aku ra iso adoh karo kowe, amergo aku iki abot ninggalne awakmu. Iki lo sek jenenge sayang tenanan.”

Artinya : “Aku tidak bisa jauh dari kamu, karena berat sekali meninggalkanmu. Ini lah yang dinamakan rasa sayang yang tulus.”

Jawa : “Senadyan mbokmu karo bapakmu ra ngijine hubungan awake dewe, aku bakal terus berusaha gawe kowe lan keluargamu setuju karo aku”

Artinya : “Meskipun ibu dan ayahmu tidak merestui hubungan kita, aku akan tetap terus berusaha untukmu agar orang tuamu merestui hubungan kita.”

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Ilmu

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Ilmu

Dalam dunia pendidikan, kata mutiara bahasa jawa khususnya tentang ilmu dan pendidikan, digunakan untuk memotivasi anak didik agar mau berkembang serta termotivasi agar rajin belajar. Kata-kata seperti “kawruhe jero tapak meri” seakan terdengar halus namun itu menjadi sindiran bagi orang yang memiliki pengatahuan singkat, pendek dan sangat kurang pengetahuan.

Mungkin kamu sudah tau jika Bahasa jawa memilik banyak arti dan makna khususnya untuk kata kata bijak jawa atau kata mutiara, dan berikut adalah kata mutiara bahasa jawa tentang ilmu yang dapat kamu baca.

  • Jawa : Aja rumangsa bisa, nanging kudu bisa rumangsa
  • Artinya : Jangan merasa bisa, tapi harus bisa merasakan

Seseorang yang baik tidak boleh merasa serba bisa, tetapi harus menyadari bahwa dirinya sendiri memiliki kekurangan dan orang lainpun juga memiliki kelebihan yang tidak dimilikinya. Seseorang yang ahli dalam bidang tertentu belum tentu ahli dalam bidang lainnya.

  • Jawa : Keplok ora tombok
  • Artinya : Bertepuk tangan itu tidak rugi

Keplok ora tombok memiliki arti, seseorang yang suka berkomentar dan meremehkan. Dia tidak mau bertindak atau membantu, hanya berkomentar serta tidak memperbaiki keadaan. berkomentar memang sangat mudah, namun bertindak lebih sulit.

  • Jawa : Ojo waton ngomong, ning ngomongo nganggo waton
  • Artinya : Jangan asal berbicara, tapi bicaralah dengan penuh pertimbangan atau bicaralah dengan dipikirkan terlebih dahulu.

Banyak orang yang berkomentar dahulu tanpa memikirkan apa akibat kata yang dikeluarkan dari mulutnya akan berakibat merugikan dirinya sendiri dan orang lain, karena mulutmu adalah harimaumu. janganlah berkomentar berlebihan jika kamu tidak bisa melakukan.

  • Jawa : Adigang, adigung, adiguna
  • Artinya : Kekuatan, kebesaran, kepandaian

Adigang adigung adiguna memberikan nasehat kepada kita agar kita tidak menyombongkan diri dengan apapun yang kita miliki. Baik itu menyombongkan kekuatan, kebesaran maupun kepandaian.

  • Jawa : Kebo nyusu gudel
  • Artinya : Kerbau menyusu pada anaknya

Kata bijak Bahasa Jawa diatas memiliki arti orang tua yang minta diajari oleh orang yang lebih muda, Hal ini dapat terjadi karena perkembangan jaman baik itu ilmu atau teknologi. maka tidak ada salahnya jika orang yang lebih tua meminta petunjuk kepada yang lebih muda meskipun di beberapa kalangan orang Jawa masih ada sifat feodal.

  • Jawa : Kegedhen endas kurang utek
  • Artinya : Kebesaran kepala, kurang otak

Orang pandai bukan hanya soal intelegensi saja, melainkan pandai dalam menempatkan dirinya serta pandai membaca situasi yang terjadi. walau terdengar kasar namun kata kata ini mengajarkan kita agar selalu bisa menyesuaikan diri, dimanapun kita berada. (Ungkapan ini untuk orang dewasa yang tidak pandai dalam etika ataupun sopan santun)

  • Jawa : Kenes ora ethes
  • Artinya : Orang terlihat pintar karena suka pamer

Banyak pamer namun sebenarnya tidak bisa apa-apa, mungkin kamu sering mendapati orang seperti itu. Mungkin karena orang itu memiliki tujuan seperti ingin dipuji, ingin mendapat perhatian, ingin di segani oleh orang lain. pada dasarnya, orang yang bener – bener berilmu cenderung diam dan akan berbicara apabila memang sangat di perlukan.

  • Jawa : Laku ing sasmita, amrih lantip
  • Artinya : Seorang yang ingin berilmu harus mengasah lahir dan batinnya.

Ilmu tanpa iman akan buta. Ilmu yang bermanfaat harus dikuasai secara lahir batin agar bisa diamalkan dalam kehidupan sehari hari, berguna bagi diri sendiri dan orang lain ataupun bangsa dan negara kelak.

  • Jawa : Lembah manah lan andhap asor
  • Artinya : Rendah hati dan sopan santun

Leluhur Jawa mengajarkan untuk selalu rendah diri. Selain itu, seseorang yang semakin berilmu akan lebih bagus jika tidak merendahkan atau meremehkan orang lain yang ilmunya lebih rendah darinya.

  • Jawa : Tanggap ing sasmita
  • Artinya : Mampu menangkap pembicaraan

Dalam bahasa Indonesia, sasmita diterjemahkan menjadi kata simbolis. Jadi bila keseluruhan kata tanggap ing sasmita diartikan, maka mempunyai arti seseorang yang mampu menangkap informasi secara simbolis.

  • Jawa : Tut wuri handayani
  • Artinya : Mengikuti dari belakang

Kata Bijak Bahasa Jawa Tut wuri handayani Dipopulerkan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan. Setelah menyampaikan ilmu kepada siswanya, sejatinya guru tidak lantas melepaskan anak didiknya begitu saja, melainkan harus senantiasa mengawal dan mengikutinya, agar bila terdapat kesalahan guru bisa segera meluruskan masalah tersebut.

  • Jawa : Wong pinter kalah karo wong beja.
  • Artinya : Orang pintar kalah dengan orang beruntung

Kata Bijak Jawa di atas mengajarkan kita untuk tidak meremehkan orang lain, Tuhan maha adil dan seringkali memberikan kesuksesan atau rejeki lebih kepada orang tersebut. Mungkin orang itu mempunyai sifat baik dan seringkali “laku prihatin”.

  • Jawa : Lukak apakak
  • Artinya : Pandai bicara namun tidak bisa bekerja

Mungkin dari kalian pernah bertemu dengan orang yang memiliki sifat Lukak apakak (Pandai bicara namun tidak bisa bekerja).

  • Jawa : Blilu tau pinter durung nglakoni
  • Artinya : Pintar teori namun belum tentu bisa mempraktekkannya

Dalam hal pekerjaan bisa jadi dia kalah apabila dibandingkan dengan orang bodoh dan tidak memiliki dasar teori namun sudah terbiasa melakukannya. Ungkapan ini mengajarkan kepada kita, bahwasanya untuk bisa mendapatkan keahlian, seorang harus banyak belajar, tidak hanya belajar teori saja namun perlu mempraktekannya juga.

  • Jawa : Dipikir wening sakdurunge tumindak
  • Artinya : Dipikir baik-baik sebelum berbuat

Sebelum berbuat sesuatu atau bertindak, sebaiknya dipikirkan betul-betul, baik dan buruknya, apakah hal tersebut melanggar norma atau tidak, serta apakah tindakan yang akan dilakukan bisa merugikan orang. Seorang yang memiliki kepribadian matang, hendaknya memikirkan terlebihdulu setiap tindakannya.

  • Jawa : Kebo bule mati setra
  • Artinya : Orang pintar namun hidupnya sengsara

Kepandaian tidak dapat menjamin hidup selalu bisa sejahtera. Namun setidaknya dengan kepandaian bisa membuat kita menjadi pribadi yang bijaksana dan tidak mudah ditipu oleh orang lain.

Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno

Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno

kata bijak jawa kuno adalah sebuah karya yang tercipta dari kearifan lokal milik budaya Jawa, biasanya dalam peribahasa jawa memiliki sebuah makna yang mendalam dari setiap kalimat atau kata yang diungkapkan.

Mulanya kata bijak jawa berasal dari kebiasaan orang jawa dalam menjalani hidup untuk mendapatkan hidup yang lebih baik dan bermanfaat baik bagi dirinya ataupun orang lain. nah, berikut ada kumpulan peribahasa, nasihat, atau kata bijak Jawa Kuno yang bisa kamu pelajari.

Jawa : Adol lenga kari busike

Artinya : Yang membagi justru tidak kebagian jatah

Jawa : Aja dumeh wong gedhe

Artinya : Jangan mentang-mentang jadi orang besar

Jawa : Aja buru menange dhewe

Artinya : Jangan maunya menang sendiri

Jawa : Aja guggu karepe dhewe

Artinya : Jangan berbuat semaunya sendiri

Jawa : Ala lan becik iku geghandengan, kabeh kuwi saka karsaning Pangeran

Artinya : Buruk dan baik itu saling berkaitan, semua itu atas kehendak Tuhan

Jawa : Alon-alon waton kelakon

Artinya : Biar lambat tidak apa-apa asalkan tercapai tujuannya

Jawa : Ambeg utomo, andhap asor

Artinya : Selalu menjadi yang utama tetapi selalu rendah hati

Jawa : Anak polah bapak kepradah

Artinya : Tingkah polah anak, orang tua ikut menanggung akibatnya

Jawa : Angon mongso

Artinya : Menunggu waktu yang tepat untuk bertindak

Jawa : Basa iku busananing bangsa

Artinya : Budi pekerti seseorang bisa terlihat dari tutur kata yang diucapkannya.

Jawa : Bibit, bebet, bobot

Artinya : Keturunan, harta, bobot / mutu.

Jawa : Cakra manggilingan

Artinya : Hidup itu bagaikan roda yang terus berputar

Jawa : Cecak nguntal cagak

Artinya : Suatu keinginan yang tidak seimbang dengan kekuatan.

Jawa : Ciri wanci lelai ginawa mati

Artinya : Watak orang yang buruk tidak akan berubah sampai mati

Jawa : Dhemit ora ndulit, setan ora doyan

Artinya : Lepas dari mara bahaya

Jawa : Dudu sanak dudu kadang yen mati melu kelangan

Artinya : Meskipun orang lain dan bukan anggota keluarga namun ketika meninggal sangat kehilangan

Jawa : Emban cindhe emban siladan

Artinya : Orang yang pilih kasih dalam memberi atau membela

Jawa : Garang garing

Artinya : Orang yang sok kaya tetapi sesungguhnya berkekurangan

Jawa : Gupak Pulut ora mangan nangkane

Artinya : Capek pekerjaan nggak dapet hasilnya

Jawa : Gusti Allah ora sare

Artinya : Tuhan tak pernah tidur

Jawa : Iro yudho wicaksono

Artinya : Satria yang berani berperang membela kebenaran dengan didasari kebijaksanaan

Jawa : Jalukan ora wewehan

Artinya : Suka meminta tapi tidak pernah mau memberi

Jawa : Kakehan gludhug kurang udan

Artinya : Terlalu banyak bicara tetapi tidak ada kenyataannya

Jawa : Kaya banyu karo lenga

Artinya : Tidak pernah rukun

Jawa : Kebat kliwat gancang pincang

Artinya : Orang yang bertindak tidak hati-hati maka akan celaka

Jawa : Keplok ora tombok

Artinya : Ikut merasakan senang namun tidak mau mengeluarkan biaya

Jawa : Maju tatu mundur ajur

Artinya : Maju atau mundur sama saja mengakibatkan celaka

Jawa : Mangan ora mangan ngumpul

Artinya : Tetep bersatu walaupun dalam kemiskinan

Jawa : Manunggaling kawula gusti

Artinya : Rakyat dan penguasa bersatu

Jawa : Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran

Artinya : Manusia itu memiliki sifat Tuhan

Jawa : Mburu uceng kelangan dhelek

Artinya : Mencari sesuatu yang kecil malah kehilangan sesuatu yang lebih berharga

Jawa : Memayu hayunin bawana

Artinya : Menambah indahnya dunia yang memang sudah diciptakan sedemikian indahnya

Jawa : Njunjung ngentebake

Artinya : Orang yang suka memuji namun sebenarnya merendahkan

Jawa : Nguyahi banyu segara

Artinya: Melakukan hal yang sia-sia

Kata Bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil

kata bijak bahasa jawa kromo inggil

Dalam penggunaan bahasa jawa di bagi menjadi tiga bagian, dalam pengunaan bahasa tersebut tergantung dengan siapa lawan bicara kita, tiga tigkatan tersebut yang di maksud adalah bahasa Jawa Ngoko, bahasa Jawa Madya, dan bahasa Jawa Kromo Inggil.

Bahasa Jawa Ngoko dapat di sebut juga dengan bahasa jawa kasar yang mana penggunaan bahasa ini untuk berbicara dengan orang yang seumuran atau lebih muda. Jadi jika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua, usahakan hindari penggunaan bahasa ngoko atau bahasa jawa kasar.

Bahasa Jawa Madya adalah bahasa jawa yang sering di gunakan oleh masyarakat jawa, bahasa tersebut adalah campuran dari jawa Ngoko dan Jawa Kromo Inggil. sedangkan untuk bahasa Jawa Kromo Inggil merupakan bahasa jawa tingkat tertinggi. apabila kamu berbicara dengan orang yang lebih tua atau yang di hormati kamu bisa mengunakan bahasa Jawa Kromo Inggil.

Dalam bahasa Jawa Kromo Inggil terdapat kata kata bijak atau kata mutiara yang dapat kita petink makna di dalamnya, penasaran seperti apa? yuk lihat kumpulannya sebagai berikut.

Jawa : “Gusti paring mergi kangge tyang ingkang purun teng merginipun”

Artinya : Tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikuti jalan kebenaran)

Jawa : “adigang, adigung, adiguno”

Artinya : untuk selalu menjaga kelakuanmu,jangan sombong atas kekuatan,kedudukan tau latar belakang siapa dirimu sebenarnya

Jawa : “pusaka ingkang paling sekti iku dudu tombak,pedang lan keris,pusaka kang paling sekti yaiku dumunung ing jati diri”

Artinya : pusaka yang paling sakti itu bukan tombak,pedang dan keris tetapi terletak di wilayah setempat

Jawa : “kawula namung saderma.mobah-mosik kersaning hyang sukmo”

Artinya : lakukan semua yang kamu bisa kemudian serahkan semuanya itu kepada tuhan yang maha esa

Jawa : “ambeg utotomo,andhap asor”

Artinya : untuk selalu jadi yang utama,namun tetap rendah hati

Jawa : “wong kang sabar rejekine jembar ngalah urip luwih berkah”

Artinya : orang yang sabar rezekinya akan lebih lebar,mengalah hidup akan lebih berkah

Jawa : “Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan”

Artinya : sebaik-baiknya orang adalah yang memberi kebaikan/pertolongan dengan cara sembunyi-sembunyi

Jawa : “Golek jodho ojo mung mburu endhaning warna,pala krama aja ngeceh-ngeceh banda”

Artinya : mencari jodoh itu jangan hanya karena rupa yang menawan,waktu pernikahan jangan hanya menghamburkan harta benda

Jawa : “alang-alang dudu aling-alang”

Artinya : rintangan bukanlah penghalang

Jawa : “ngilo marang ghito’e dewe. sing uwis yo uwis”

Artinya : sebaiknya kita bisa mengetahui aib dan buruknya kita sendiri. dan yang sudah pernah terjadi biarlah berlalu.jadikan saja pelajaran hidup kita

Jawa : “sura dira jayaningrat,lebur dening pangastuti”

Artinya : segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lebut dan sabar

Jawa : “Sepiro gedhene sengsoro yen tinompo amung dadi coba”

Artinya : seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan lapang dada dan ikhlas akan hanya menjadi cobaan ringan

Bahasa Jawa Dan Artinya

Kata Bijak Bahasa Jawa

Indonesia memiliki beragam bahasa jawa, setiap daerah di pulau jawa memiliki kosa kata bahasa jawa nya masing masing, misalnya Jawa Timur dan Jawa Tengah, bahasa jawanya cenderung berbeda. jika kamu kebetual ingin Pindah di lingkungan orang jawa dan ingin belajar bahasa jawa halus ataupun kasar, kamu bisa lihat kamus bahasa jawa beserta artinya di bawah ini.

NoBahasa IndonesiaBahasa Jawa NgokoBahasa Krama Inggil
1SayaKuloDalem
2KamuKowePanjenengan
3KamiAwakedheweKito
4DiaDewekePiyambakipun
5IniIkiMeniko
6ItuKuiNiku
7ApaOpoMenopo
8KapanKapanKapan
9DimanaNgendhiWonten Pundhi
10Yang ManaSingendhiIngkangpundhi
11SiapaSopoSinten
12MengapaNgopoKadhosmenopo
13BagaimanaPiyeKadhospundi
14YaYohInggih/Injih
15TidakOraMboten
16BarangkaliMenowoMenawi
17SatuSijiSetunggal
18DuaLoroKalih
19TigaTeluTigo
20EmpatPapatSekawan
21LimaLimoGangsal
22SepuluhSedasaSedoso
23SeratusSatusSetunggalatus
24SeribuSewuSetunggalewu
25OrangUwongTiyang/Piyantun
26Laki-LakiLanangKakong
27PerempuanWedhok/WadhonEstri
28AyahRamaRomo
29IbuIbuIbu
30AnakLare/PutraPutro
31NamaJeneng/AsmaAsmo
32UangDuwitArtho
33Kamar Kecil(Kamar) Mburi(Kamar) Wingking
34AirBanyuToya
35JalanDalanMergi
36Kira-KiraKiro-KiroKinten-Kinten
37SemuaKabehSedanten/Sedaya
38Kalau/JikaMenowoMenawi
39LebihLuwihLangkung
40Sangat/SekaliBangetSanget
41DariSekoSaking
42KeDatengDateng
43SekarangSaikiSakmeniko
44BaruAnyarEnggal
45TuaTuwoSepuh
46PanjangDowoPanjang
47PendekCendekCendak
48MurahMerahMirah
49MahalLarangAwis
50PanasBentherBenther
51DinginAdemAsrep
52KemarinWingiKolowingi
53Hari IniSaikiSakmeniko
54BesokSesukMbenjang
55AtasNduwurNginggil
56BawahNgisorNgandhap
57LaparNgelihLuwe
58BahagiaSenengRahayu
59SakitLaraGerah
60MaafNgapuntenNgapura/Ngapuro
61PagiEsukEnjing-Injing
62SiangAwanSiang
63MalamBengiDalu/Ndalu
64Apa KabarPiyekabarePripun/Kadospundi
65BerapaPiroPinten
66SilahkanMonggoMonggopunaturi
67Terima KasihMuwunMaturnuwun
68Selamat JalanSegeng TindakSugeng Tindak
69BelumDurungDereng
70KarenaSebabe/MergoAmargi
71TetapiMerganeAmargi
72DisiniNangkeneWontenmriki
73BaikApikSae
74JelekElekKirangsae
75BetulBenerLeres
76Cantik/IndahApikEndah
77BesarGedheAgeng
78KecilCilikAlit
79BanyakAkehKathah
80SedikitSithikSakedhik
81SamaPodhoSami
82BisaIsoSaget
83PunyaDuweKagungan
84AdaAnaWonten
85MauGelemKersa
86JanganOjoAmpun
87PergiLungoTindhak
88DatangTekoRawuh
89BerjalanMlakuMlampah/Tindak
90BicaraOmongNgendika/Ngendiko
91BilangNgomongDawuh
92LihatNdelokMrisani
93MengertiNgertiNgertos
94MakanManganDahar/Nedo
95MinumNgombeNgunjuk
96DengarKrunguMiereng
97TahuNgertiNgertos
98KasiWenehiParingi
99SukaSenengRemen
100CintaSenengTresna/Tresno

Oke gays, itulah kata kata bijak bahasa jawa dan artinya, baik itu Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta, Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Ilmu serta Bahasa Jawa Sehari Hari yang dapat kamu pelajari. dari kumpulan kata bijak jawa di atas merupakan pilihan yang memiliki makna mendalam yang dapat kita pelajari agar hidup kita kedepannya lebih baik lagi.

Like FP Kami Yah 🙂

Gravatar Image
Mantul